story

Gimana rasanya jadi Maba Teknik Informatika kala itu

Hai, aku pernah menjadi mahasiswa Teknik Informatika ITS tahun 2013. Alhamdulillah aku bisa masuk di Universitas ini. Gimana sih rasanya jadi maba Teknik Informatika ITS (TC) kala itu? Hmm.. sini aku ceritain, baca disini yah, jangan kemana mana dulu…seru loh. Kita sebut Teknik Informatika ITS ini TC ya, singkatan dari Teknik Computer, dulu nama jurusan ini adalah Teknik Computer, sampai sekarang penyebutannya masih TC sampai ke himpunan mahasiswanya juga bernama HMTC ITS.

Oh iya, sebelum aku ceritain, aku kasih review dari sudut pandang waktu udah jadi alumni ya. Ternyata hal-hal yang didapatkan dari ospek dan pengaderan saat kuliah itu bisa bermanfaat dari kita, dari segi softskill ataupun pengalaman pribadi seperti memiliki kenangan tersendiri untuk kita. Aku bisa hafal semua temanku satu angkatan, dan juga bisa kenal senior-senior kita. Senior kita ternyata tidak semengerikan yang kita kira, senior yang mau membantu kita saat kita kesulitan akan kehidupan dikampus ataupun di luar kampus, seperti saat kita bingung mata kuliah atau kita bingung mencari kos atau bingung cara mengurus yudisium sampai bingung mencari pekerjaan. Selain itu, setelah selesai kuliah atau saat sudah di kehidupan bekerja pun aku masih akrab dengan semua teman-teman, masih berkomunikasi dan masih sering bercerita pengalaman kita saat ospek, “waah, dulu kalo nggak ikut kaderisasi, aku pasti masih cupu, aku gak berani nyapa senior ini, dan aku pasti gak punya cerita yang bikin kangen kaya gini….” (**maaf sebelumnya** pengalaman ini murni dari pengalaman pribadi kita yang kuliah di ITS jurusan Teknik Informatika ya, kita tidak tahu bagaimana jika di sekolah lain **tidak bermaksud menyinggung pihak manapun**)

Pertama kali aku kenal dengan temen-temen TC13 ini waktu kita kumpul pertama kali di gedung Teknik Informatika tanggal 16 Agustus 2013. Waktu aku dateng, temen-temen yang ada disana itu cowok semua, dan aku mulai berkenalan dengan yang ada disana. Setelah beberapa saat, temen-temen yang cewek pun dateng dan kita saling berkenalan dan ngobrol. Itu adalah kumpul pertama kita sebelum OK2BK (Orientasi Keilmiahan & Keprofesian Berbasis Kompetensi). Setelah itu kita ada kumpul lagi, tapi kumpul sama senior di Aula TC di jurusan Teknik Informatika. Kita belum tahu senior itu siapa, mungkin anggota himpunan? (itu menurut kita). Disana kita perkenalan, forum tersebut dipimpin oleh mbak Pundi. Kita semua mulai perkenalan satu per satu. Lalu kita disuruh bercerita bagaimana perasaan waktu diterima di Teknik Informatika ini. Dari kita yang bercerita adalah Nadia, Yahya, dan John (seinget saya). Waktu pertemuan ini, kita diberi tugas pertama kali, yaitu membuat buku yang katanya setiap angkatan di jurusan TC ini punya, yaitu BUKU BIRU. Kita dijelaskan tentang format pembuatan buku tersebut. Dan kita juga disuruh membawa buku tersebut saat berada di kampus ini. Lalu, kita diberi penjelasan tentang dresscode untuk OK2BK. Setelah ngobrol lama dengan senior, kita akhirnya pulang. Kita mengadakan kumpul lagi di parkiran Graha ITS untuk membahas penugasan buku biru tersebut, tapi sebelumnya kita berkenalan satu persatu lagi agar kita cepat kenal. Sulit buat kami para cewek untuk membedakan temen-temen kita yang cowok, karena disamping jumlahnya lebih banyak, gaya rambutnya semua sama. Kembali lagi ke topik penugasan, dari yang mulai sampulnya, ukuran logonya, kertas warnanya, ukuran buku, dan format penulisannya kita bahas. Karena dari penugasannya kita disuruh harus seragam semuanya. Diforum ini, yang aktif berbicara adalah Yahya, Fany, dan Nadia (seinget saya).

Hari pertama OK2BK (Senin, 2 September 2014) Acara pertama diisi oleh Ibu Henning. Beliau memberi ucapan selama datang kepada kita Mahasiswa Baru Teknik Informatika 2013. Beliau mulai menjelaskan tentang tata kehidupan dikampus. Menjelaskan tentang perkuliahan dan juga tentang nilai minimal untuk mata kuliah umum dan jurusan. Setelah itu, beliau memberikan tips :

  1. Ambil sks : SKS = 18, pengambilan SKS itu tergantung IP, kira-kira SKS mana yang tidak berat, konsultasi dahulu kepada dosen wali/bertanya-tanya kepada senior, cek dosen pengajarnya.
  2. Nilai A, AB, B, BC, C : jangan banyak nilai C nya, jangan mengulang sebelum tahap persiapan selesai.
  3. Tugas dikumpulkan tepat waktu. Wajib. Jangan nyontek.
  4. Evaluasi dan ujian, semua harus diikuti.
  5. Jangan titip absen.
  6. Tips berhubungan dengan dosen :
    1. Menyapa.
    2. Apabila ingin bertemu, membuat janji terlebih dahulu.
    3. Jangan alay.
    4. Memakai Yth. dan terimakasih.
    5. Perhatikan waktu.
  7. Saat mengerjakan tugas kelompok :
    1. Semua harus kerja.
    2. Jangan langsung copy paste dari internet.

Dan yang terakhir adalah, beliau banyak menjelaskan tentang SKEM. Saat penjelasan tersebut, kita semua memperhatikan dengan seksama dan banyak juga teman-teman yang bertanya. Setelah kita selesai acara, kita disuruh mereview.
Setelah itu, kita dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan perwalian SC (Steering Comittee), dan saya mendapatkan SC mbak Momo. Mbak Momo ini cewek tomboy banget. Kita ngobrol-ngobrol dan berkenalan dengan mbak Momo. Setelah itu, sebelum acara selesai kita dibacakan peraturan OK2BK untuk besok, yaitu :

  1. Peserta adalah Mahasiswa Baru 2013.
  2. Memakai dresscode yang sesuai : rok panjang hitam, kaos kaki putih, ikat pinggang, kemeja putih polos. Dan membawa baju olahraga (warna dominan sama).
  3. Dilarang membawa NADZA.
  4. Dilarang membawa jam tangan (kecuali komting).
  5. Dilarang membawa barang elektronik.
  6. Dilarang membawa barang selain yang disebutkan.
  7. Membawa kantong kresek untuk alat sholat.
  8. Datang bersama-sama dan penuh.
  9. Jam malam untuk perempuan adalah jam 10 WITC (Waktu Indonesia bagian TC).
  10. Absen komunal angkatan.

Untuk komting, hari itu kita memilih komting sesuai dengan siapa saja yang mengajukan menjadi komting. Seinget saya yang mengajukan diri itu ada Yahya, Zikrul, Fany, Bilfash, maaf yang lain saya lupa. Mereka yang mengajukan diri disuruh menyebutkan visi misinya dan kita akan memilih dengan voting. Setelah voting, hasilnya adalah Yahya yang menjadi komting kita.
Kita juga dibacakan apa saja yang perlu untuk dibawa besok, yaitu :

  1. Air minum berlogo HMTC.
  2. Sarapan nasi dengan lauk dan porsi yang pasti habis dan seragam
  3. Alat tulis dan buku biru.
  4. Membuat name tag yang terlihat dari jarak 5 meter.
  5. Alat sholat dan kantong kresek.
  6. Uang 5000 untuk makan siang.
  7. Pagi memakai kaos olahraga yang dominan sama.
  8. Membuat yel-yel yang membanggakan 1 angkatan.
  9. Hafalkan bilangan biner 0-7.
  10. Dibuku biru ditambah profil teman 1 angkatan, 1 halaman 1 profil. Harus seragam.
  11. Membawa sendok.

Kira-kira pada tau ngga esensi dari hal-hal diatas?? komen ya kalau tau…
Setelah acara selesai kita dipulangkan. Waktu perjalanan ke parkiran, waah kita di pagar betisi oleh senior-senior OC (Organizing Committee). Waktu ambil motor, yang cowok langsung bantuin yang cewek, aku kan bingung, “kenapa?” kataku. Katanya yang cowok harus bantu yang cewek dan yang cewek gak boleh nuntun motor sendiri, kan ada cowok. Selama berjalan dari parkiran ke jalan keluar, kita dipagar betisi lagi oleh senior-senior. Setelah itu kita kumpul di depan gedung robotika buat membahas penugasan-penugasan dan barang-barang yang harus dibawa besok. Dari masalah makanan, yang mengurusi adalah risma dan arianto. Absen komunal diurusi oleh yahya, untuk yel-yel diurusi oleh zikrul.

Hari kedua OK2BK Selasa, 03 September 2013. Sebelum kita berangkat ke TC bersama, kita kumpul dirobotika dulu jam 5 pagi. Untuk absen, pembagian makanan, pengecekan buku biru, pengecekan atribut dan barang-barang, dan menunggu teman-teman yang belum datang. Kita menunggu teman-teman yang belum datang, sampai jam yang harusnya kita udah berangkat ke TC, kita juga masih tetap menunggu teman kita. Karena kita memutuskan berangkat bersama. Sampai-sampai kita dijemput sama OC dan ditanya kenapa nggak berangkat-berangkat juga padahal sudah jamnya. Akhirnya kita berangkat ke TC bersama. Setelah sampai di TC, kita disuruh berkumpul di parkiran mobil. Kita ditanya kenapa bisa telat, yang hadir berapa, dan pengecekan barang.

Setelah itu kita pemanasan senam dipimpin oleh mas Febri dengan bilangan biner 0-7. Bayangkan, kita yang biasanya olahraga dengan hitungan 1-8, diubah menjadi “000,001,010,011,100,101,110,111” kita pada kelabakan awalnya, namun selanjutnya kita terbiasa, kadang kita saingan suara dengan maba lain yang sedang senam pagi juga. Lalu jogging bersama.
Lalu, materi hari ini adalah penjelasan tentang Lab-lab yang ada di TC ini. Penjelasan menggunakan powerpoint, dan setelah itu kita berkeliling lab untuk lebih jelasnya. Untuk hari-hari berikutnya di OK2BK, kita diberi penjelasan tentang Pengurus Harian HMTC, mulai dari Kahima sampai Departemennya.

Diakhir OK2BK, kita disuruh membuat tanda pengenal yang unik, khas, dan membanggakan dan kita memutuskan membuat armband. Dan memakai dresscode selama kita berada dilingkungan kampus dan selama armband belum jadi, berupa kemeja atasan lebih terang dari bawahan dan celana bebas, serta memakai nametag dan ikat pinggang.
Beberapa hari kemudian, ada pertemuan dengan lagi, ditanya tentang progress armband yang belum jadi. Karena, kesalahan penjahitnya jadi armband kita lama banget jadinya. Dan ternyata, katanya senior TC tidak bisa membedakan antara maba TC dengan maba lain saat di kampus,  jadinya dresscode diubah. Berupa, kemeja atasan lebih terang dari bawahan, dan memakai rok untuk yang cewek, celana kain untuk yang cowok, serta memakai nametag dan ikat pinggang. Sebenarnya kita keberatan dengan adanya dresscode seperti itu, karena dari kita yang cewek juga tidak punya banyak rok, jadi untuk memakai 1 rok untuk beberapa kali itu agak gimana gitu. Tapi gimana lagi.


Biasanya setiap malam itu kita ada sesi, entah cewek atau cowok, biasanya 10 orang untuk sesi. Saat sesi, biasanya membahas keadaan angkatan, membahas sudah kenal berapa angkatan, sudah kenal senior belum, perkembangan foto buku biru, dan banyak lagi. Saat ada jarkom tentang sesi itu rasanya, ‘haduuh ada sesi, semoga jangan aku yang dapet’ itulah biasanya yang terpikir. Karena, dimata kita sesi itu terlalu tegang dan bahasannya biasanya memojokkan kita, katanya ‘santai aja dek, jangan terlalu tegang’ tapi kalo kita senyum, ‘ngapain kamu senyum?’ digituin. Katanya santai. Bilang aja ‘jangan santai dek, ini sesi tegang’ gitu kan bisa.
Lalu, ada kabar tentang diadakannya tes kenal angkatan katanya. Kita disana dipress oleh warga (senior C diluar pengurus HMTC). Tapi, ada serunya juga, saat buku biru dari beberapa teman kita yang kurang memenuhi syarat digantung di tengah lapangan dan kita disuruh membantu mengambilnya. Karena yang cewek nggak bisa apa-apa, kita akhirnya menyemangati dengan yel-yel. Itu saat yang mengharukan. Saat yang cowok saling bantu untuk mengambil buku yang digantung diatas, si Ardhan hampir aja jatuh, tapi untungnya teman-teman yang dibawah langsung menangkapnya. Kita kaget banget. Lalu setelah itu, senior-senior yang cowok langsung ikut menjaga dari bawah agar tidak ada yang jatuh lagi. (Kalau ditelusuri, setelah kita jadi senior, kita diceritain kalau ternyata gara-gara kejadian hampir jatuh ini, semua panitia OK2BK yaitu pengurus HMTC tahun itu terkena hukuman oleh warga atasnya (senior C atas mereka) karena dirasa membahayakan adik-adik). Setelah game download itu, kita ada tes kenal angkatan. Sebagian besar kita sudah mengenal satu sama lain, karena kita sudah berusaha untuk mengenal satu sama lain melalui banyak hal, seperti saat kumpul, kita membuat game yang isinya pertanyaan nama, nrp, dan asal. Seru banget, dari itu kita bisa kenal dan seru-seruan. Tapi saat itu, ternyata si ada temen kita yang tidak kenal 11 temen yang lain dan katanya kita tidak lolos booster itu.
Kita diberi penugasan setelah booster untuk membuat bendera HMTC ukuran 4×6 dengan waktu 2 minggu. Setiap hari kita kumpul untuk mengerjakan penugasan itu. Kita setiap hari menyuruh teman-teman untuk membantu penugasan tersebut, karena penugasan tesebut harus dikerjakan 1 angkatan dan setiap hari ada absennya. Tapi akhirnya kita bisa menyelesaikan penugasan tersebut. Katanya, bendera kita bendera yang paling bagus dari angkatan-angkatan sebelumnya. Kita juga senang, karena kita bisa berkumpul bersama untuk membuat bendera HMTC. Pembuatan bendera ini penuh kenangan, dari yang ngedesain, perkiraan warna, jahit kain, sampai ngecat. Kita cicil sore hari setelah perkuliahan selesai, sampai diusir karena jam malam, pindah ke asrama.

Kejadian setelah SW108, katanya kita mau di tes kenal angkatan lagi. Karena ada temen kita yang tidak hadir, kita disuruh menjemputnya. Ternyata tiba-tiba turun hujan deras, dan ada temen kita yang kecelakaan kecil saat menjemput temen yang lain. Akhirnya temen kita yang luka-luka itu di obati oleh senior di plaza 1. Setelah shalat ashar, kita dikumpulkan di aula. Dan yang masuk ke aula adalah pak Ridho, dosen TKK. Disana kita disuruh melepas nametag dan mengeluarkan baju yang aturannya dimasukkan. Lalu, membuat perjanjian antara pak ridho dengan maba 2013. Setelah kejadian itu, kita tidak memakai dresscode lagi. Dan karena kita sudah tidak diwajibkan mengikuti pengaderan, kita jadi tambah jauh dengan teman-teman kita yang agak pasif dan malas mengikuti kegiatan.
Setelah itu, ada SW109. Setelah kegiatan tersebut, kita ngobrol dengan mbak aida, mas galih, mbak nada, dan mbak novita. Membiacarakan tentang keadaan angkatan kita. Tapi, akhirnya kita menyerahkan kepada departemen psdm kembali agar psdm yang menyatukan dan mendekatkan kita lagi. Setelah itu kita diberi saran, agar yang ikut mengobrol ini, mengikuti setiap kegiatan yang diadakan oleh himpunan, agar psdm tau siapa yang harus ditangani. Kita disuruh membuat kegiatan untuk seluruh elemen TC. Dan akhirnya kita membuat IF-CUP. Kegiatan yang kita panitiai sendiri, dan kita dibantu oleh senior 2012 sebagai SC. Kegiatan ini kita gunakan juga sebagai wadah sosialisasi dengan senior. Tapi kita sedikit kecewa saat senior berkata kita itu kurang bersosialisasi, padahal setiap hari kita sudah bersosialisasi. Sepertinya senior yang lupa dengan kita yang sudah sosialisasi dengan mereka, karena saat kita sosialisasi lagi dan kita tanya ‘masih inget dengan saya mbak/mas?’ jawabnya enggak. Dan kita juga sedikit kecewa saat sosialisasi ke lab-lab untuk mengundang senior ke acara closing IF-CUP dan mereka jawabnya, ‘yaah, kamu nih gimana? Harusnya kamu bilang dari kemarin-kemarin, kita sibuk semua ini. Sudahlah, kita nggak mau dateng. Temenku yang lain juga nggak mau dateng.’ Padahal, kita juga sudah sosialisasi, dan membuat flyer juga. Sudah disebar ke sosmed juga. Kalau memang tidak bisa datang, ngomongnya biasa aja.
Kita diberi tugas untuk membuat video tutorial tentang algoritma dengan syarat harus 1 angkatan dan setiap orang harus ada di 2 video. Setiap hari kita kumpul angkatan kembali dan mengonsep tugas tersebut. Hari berikutnya kita mulai merekam. Dan akhirnya kita berhasil menyelesaikan tugas tersebut.
Beberapa hari kemudian, ada pengumuman di mading himpunan tentang kelulusan tahap format. Dan ada pertemuan dengan SC diparkiran mobil. Membahas tentang perasaan setelah mengetahui adanya pengumuman tersebut, tentu saja kaget karena ada teman kita yang tidak lulus. Dan kita memperjuangkan beberapa teman kita yang kita rasa masih pantas untuk lulus ke tahap ini. Mengapa kita mempertahankan hanya beberapa? Karena kita rasa teman-teman yang lain yang tidak kita pertahankan benar-benar tidak mau mengikuti tahap selanjutnya, kalau sudah tidak mau apa mau dipaksa? mungkin mereka memang mau fokus di study nya. Dan kita juga membahas tentang perwalian yang selanjutnya akan diserahkan ke PH HMTC. Dan wali PH saya adalah mbak aida, sekretaris departemen psdm.
Lalu, beberapa hari yang lalu ada info pertemuan dengan PH. Tapi saat datang, ternyata yang memimpin forum adalah IC. Membahas tentang kehadiran, alasan, kelulusan format, dan kelanjutan sosialisasi. Kita inginnya, sosialisasi 2 arah. Dari kita berkenalan, dan dari senior juga ada yang mengajak ngobrol. Tapi, dari hasil yang didapat, kita yang berkenalan dan kita memberikan bukti berupa foto. Setiap hari berupa 5 foto yang harus kita dapat. Lalu, aksi dari seniornya dimana, apa kita terus yang harus kenalan. Soalnya, kita kenalan lalu oleh seniornya dilupakan. Ada juga teman saya, yang sudah ngobrol lama dan saat seniornya diajak kenalan malah tidak mau, dan tidak memberi foto. Memberi tahu nama saja tidak mau, apalagi memberi foto.

Itulah sebagian kecil cerita tentang angkatanku. Ini masih kecil ya, cerita dibalik itu dan pengalaman lain masih banyak, tapi sampai sini aja ya, kalo inget-inget lagi perlu energi yang besar juga, hehehe. Kenangan yang tak terlupakan. Dari pengalaman diatas, kita jadi kenal dengan satu angkatan semuanya, kita tau kos teman-teman kita dimana, dan teamwork kita jadi terasa banget.
Terimakasih HMTC Bersahabat.

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

<span>%d</span> bloggers like this: