travel

Explore Pulau Sepa

2D1N Camp to Sepa Island – Seribu Islands

Hallo teman, kali ini aku mau bagi pengalamanku camping di Pulau Sepa Kepulauan Seribu. Kepulauan Seribu memiliki banyak pulau pulau indah salah satunya adalah Pulau Sepa. Kalau teman-teman ingin berlibur tapi nggak jauh-jauh dari Jakarta, destinasi ini bisa banget jadi pilihan. Pulau Sepa ini destinasi yang pas untuk teman-teman yang ingin ‘menjauh’ dari hiruk pikuk Ibukota Jakarta dan ingin menikmati suasana alam yang asri dan jauh dari kemacetan.

Di Pulau Sepa ini terdapat resort yang dikelola secara khusus untuk pegunjung yang ingin menikmatinya. Namun kali ini aku tidak menginap di resort tersebut, aku bergeser sedikit ke belakang resort tersebut, yaitu di lahan kosongnya dengan menggunakan tenda.

Kita ber – 6 berangkat pada hari Sabtu pagi dengan naik speedboat dari Dermaga Marina Ancol. Perjalanan ke Pulau Sepa ini diawali dari Dermaga Marina menuju Pulau Harapan dan berganti menggunakan perahu kecil menuju Pulau Sepa.

Sebelumnya kita sudah menyewa perahu kecil untuk antar jemput dari Pulau Harapan ke Pulau Sepa serta membeli nasi dan ikan di bapak yang punya perahu untuk dibakar ditempat camping saat malam hari.

Pulau Perak

Setelah kita berganti dengan perahu kecil, kita berangkat menuju Pulau Sepa, tapi di perjalanan kita mampir di Pulau Perak yang tak kalah indahnya dengan Pulau Sepa. Disini kita bermain air dan berjalan-jalan dipinggir pantai. Ada 2 sampai 3 warung yang menjual jajanan dan gorengan juga, jadi jangan khawatir kalau lapar ya.

Pantai di Pulau Perak ini indah banget, nyaman, sejuk, beda banget dengan cuaca di Jakarta. Waktu kesini kita masih tidak banyak pengunjung karna masih pagi, jadi berasa pantai pribadi.

Bisa dilihat sendiri kan warna air lautnya. Percaya deh, pulau ini nggak kalah indahnya dari pulau-pulau lain yang ada di Indonesia.

Pulau Sepa

Setelah puas menikmati indahnya Pulau Perak, lalu kita ke tujuan utama, Pulau Sepa. Saat kita datang, sudah disambut dermaga kecil untuk kita menginjakkan kaki di Pulau Sepa. Tak jauh dari dermaga ini, resort Pulau Sepa berada, tapi kita bukan mau menginap disana.

Di Pulau Sepa ini terdapat 1 warung yang menjual jajanan dan gorengan. Saat kita datang, belum ada pengunjung lain, jadi kita bebas memilih spot tenda kita. Beberapa saat kemudian barulah datang pengunjung lain yang akan camping juga di pulau ini.

Kita langsung mempersiapkan tenda dan menata barang-barang kita. Lalu cus deh kita bersantai menikmati indahnya Pulau Sepa ini.

Asli disini enak banget, suara deburan ombaknya, bikin hati ademm, cess..
Air lautnya jernih banget, cocok buat yang suka snorkeling dan menikmati pemandangan bawah laut. Tapi perlu diketahui, waktu aku coba snorkeling jam 2/3 sore, ombaknya gede, jadi yang belom berpengalaman disarankan snorkelingnya pagi atau siang hari aja, pas ombaknya lebih tenang.

Oh iya disini ada satu menurutku yang masih kurang, yaitu fasilitas untuk kamar mandinya nggak ada (karna memang ini pulau kosong yang harusnya buat resort utama ya). Sebenarnya bukan nggak ada, tapi di ada-adain. Disisi dalam pulau (nggak terlalu jauh kok dari pinggir pantai) ada sumur kecil (bukan sumur juga sih, tp kaya digali untuk sumber air bersih), nah disitu dibuat sebuah “tempat mandi/bilas”. Aku sebut tempat karena bukan sebuah ruangan. Tempat itu dibuat dengan sebuah terpal menutup sekeliling yang cukup untuk 1-2 orang saja dan tingginya pun se pundak wanita, jadi yang mau mandi, harus jongkok ya kalau nggak mau dilihat. Dan sumber airnya pun harus “menimba” dari sumur kecil tadi. Jadi, kalau sendirian, agak struggle ya, mending kalau mau mandi atau buang air kecil ngajak temen. Dan, yang paling penting, karna cuma ada 1, harus gantian dan antre ya.

Menikmati sunrise di Pulau Sepa sangat menyenangkan, sayang kita nggak dapat sunrise, karna tertutup awan. Kita menghabiskan pagi hari di dermaga kecil, menikmati lantunan musik dan deburan ombak.

Akhirnya trip singkat ke Pulau Sepa untuk menghilangkan penat Ibukota terlaksana. Itu aja cerita kali ini. Terima kasih sudah membaca ya. Pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu juga tidak kalah menariknya, tidak ada salahnya mencoba berlibur di pulau dekat ini.